Kamis, 11 November 2010

MAKEOVER GADGETS


Mascara
Digunakan untuk menggelapkan, mewarnai, memperpanjang, atau menegaskan bulu mata. Ada 3 bentuk: cairan, krim, dan batang. Maskara tersedia dalam tabung dengan aplikator berbentuk tongkat. Bahan pembuatnya adalah air, parifin, pembentuk film, dan zat pengawet. Kuasnya ada yang lurus dan melengkung dengan bulu halus atau tebal. Sebagian maskara tahan air, sebagian lain tidak. Maskara diciptakan oleh Eugene Rimmel pada abad 19.

Setrika rambut
Itu termasuk benda ajaib. Gimana nggak. Struktur rambut bisa diubah-ubah loh dengan menggunakan panas. Ada 3 jenis setrika rambut: pelurus rambut, pengeriting rambut, dan pembuat ikal atau ombak. Agar rambut tuidak rusak karena terlalu sering menggunakan alat ini, sebaiknya kamu tidak memanaskan ujung-ujung rambut.

Lensa kontak
Awalnya hanya digunakan sebagai pengganti kacamata medis bagi orang-orang dengan gangguan penglihatan jarak jauh. Alat ini digagas pertama kali oleh Leonardo DaVinci pada tahun 1508 dalam bentuk sketsa. Baru 300 kemudian lensa kontak diproduksi dan dipakaikan ke mata manusia. Kontak lensa modern yang lunak diciptakan oleh Otto Wichterle, ahli kimia Chekoslowakla. Kemudian lensa kontak dibuat dalam berbagai warna untuk mengubah penampilan mata. Bahkan di Jepang ada kontak lensa untuk membesar iris mata. Diperkirakan 125 juta orang dunia menggunakan kontak lensa untuk kepraktisan maupun memperindah penampilan.

Cat rambut
Jiak warna mata saja bisa diubah, apalagi sekedar warna rambut. Zaman dulu orang mewarnai rambut dengan menggunakan tumbuhan dan mineral. Teknologi pewarnaan rambut modern dan aman ditemukan pada tahun 1909 oleh ahli kimia Prancis bernama Eugene Schuller. Dia menggunakan bahan kimia paraphenylenediamine. Kini cat rambut tersedia dalam aneka warna.

Pensil alis
Sangat penting untuk membingkai wajah. Cewek dengan alis terlalu tipis, tidak beraturan, dan tidak sempurna lainnnya tertolong banyak jika lihai menggunakan pensil alis. Kadang-kadang alis harus dicukur dulu sebelum dibentuk lagi dengan lengkungan yang jauh lebih sempurna.

Pelentik bulumata
Diciptakan oleh Willian Joseph Beldue sesama bekerja untuk Kurlash Company.

Bulumata palsu
Diciptakan atas permintaan sutradara Amerika D.W.Griffith untuk keperluan pembuatan film Intolerance di tahun 1916. Dia ingin aktris Seena Owen tampak di layer dengan bulumata yang sangat panjang hingga menyapu pipinya. Pak sutradara lalu memerintahkan tukang bikin rambut palsu untuk menganyam rambut manusia pada kain kasa agar menyerupai bulumata. Anyaman itu kemudian ditempelkan ke lipatan mata sang aktris. Sekarang bulumata palsu tersedia palsu tersedia dalam berbagai warna.

Lipstick
Sudah dipakai untuk mewarnai bibir sejak zaman Mesopotamia. Dulu bibir wanita dipermerahkan dengan cara mengoleskan tumbuhan batu berharga. Lipstik modern dibuat dari berbagai bahan dan tersedia dalam berbagai warna. Sekarang juga ada lipstik dari bahan organik.

(Dikutip dari: Majalah Teen Edisi 236/thXVII/Minggu Ketiga Oktober 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar