Sabtu, 26 Mei 2012

Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Judul: Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa
Penulis: Aida Vitayala S Hubeis
Penerbit: IPB Press, 2010
Tebal: xxiii + 522 halaman
ISBN: 978-979-493-283-4

                Peran perempuan Indonesia dalam pembangunan nasional menjadi isu menarik sepanjang masa. Jika sebelumnya perencanaan pembangunan mengabaikan perempuan sebagai sumber daya manusia yang potensial, seiring perjalanan waktu perempuanIndonesia telah menunjukkan kiprahnya dalam berbagai peran dan posisi yang dominan. Perempuan tidak hanya berkutat di wilayah domestic saja, ranah politik dan public pun digeluti.
                Pemberdayaan perempuan berspektif gender harus disadari sebagai proses panjang yang memerlukan keseriusan pemerintah dan masyarakat. Sejak tahun 1978 pemerintah Indonesia sudah berupaya meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan nasional dan menempatkannya sebagai suatu isu prioritas nasional.
                Sebagai seorang “pejuang gender” yang peduli terhadap nasib kaum perempuan, penulis memaparkan pemikiran dan pandangannya terhadap dinamika wacana kajian perempuan. Buku ini merupakan kumpulan makalah yang pernah disampaikan penulis dalam berbagai forum seminar sejak tahun 1990-an sampai tahun 2010. Menggambarkan perjalanan pemberdayaan perempuan dari masa ke masa, sejak masa orde lama, masa reformasi hingga era globalisasi. Selain memiliki kekuatan konseptual yang komprehensif, isu-isu yang diangkat sangat actual dan tetap relevan dengan keadaan dan problematika kaum peremuan masa kini. (DEW/LITBANG KOMPAS)

Sumber: Koran KOMPAS Minggu, 17 April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar