Minggu, 14 Oktober 2012

Tugas Supply Chain Management


Membuat Supply Chain Management.

Misalkan saya membuat sebuah perusahaan biscuit W  ada banyak komponen dalam pembuatan biscuit tersebut. Oleh karena itu saya sebagai pendiri pabrik biscuit tersebut harus bekerjasama dengan yang lain untuk mendapatkan bahan-bahan untuk pembuatan biscuit.

Saya berencana untuk berpatner dengan pabrik mentaga (Blue Band), pabrik gula (Gulaku), telur (pengusaha ternak ayam), pabrik tepung terigu (Segitiga) untuk bahan-bahan utama pembuatan biscuit. Pembuatan biscuit akan dilakukan di pabrik dengan nama pabrik W. Setelah pembuatan biscuit selesai dan masuk dalam tahap pengepakan selanjutnya adalah masuk ke dalam gudang distributor yang nantinya akan di supply ke berbagai supermarket dan minimarket untuk bisa di nikmati oleh para konsumen.

Gambaran sederhana  Supply Chain Management untuk pabrik biscuit W ini adalah sebagai berikut:

 
Beberapa pertanyaan yang di ajukan / several critical question:

1.       Where do you source your materials? / Di mana Anda sumber bahan Anda?
Saya mendapatkan beberapa sumber bahan pembuatan untuk biscuit ini berkerjasama dengan berbagai pabrik-pabrik yang berkaitan dengan bahan yang saya butuhkan dalam pembuatan biscuit tersebut.

2.       Where do you process or convert them? / Di mana Anda memproses atau mengkonversi bahan tersebut?
Saya memproses semua bahan-bahan yang telah saya dapat di Pabrik W. Pengolahan sampai tahap packing dilakukan di Pabrik W tersebut.

3.       What channels distribution do you use? / Apa saluran distribusi yang Anda gunakan?
Saluran distribusi yang saya gunakan adalah Produsen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen . Saya menggunakan saluran distribusi ini karena perusahaan biscuit W ini hanya melayani pedang-pedang besar yang melayani penjualan dalam jumlah yang besar.

4.       How do you build a strong relationship with your supplies and costumer? / Bagaimana Anda membangun hubungan yang kuat dengan persediaan Anda dan pelanggan?
Selalu mengecek ketersediaan barang di gudang distributor W untuk selalu mengetahui perkembangan ketersedian barang yang ada. Dan selalu membuat biscuit yang kami buat dengan sesempurna mungkin agar pelanggan tidak pindah ke biscuit-biskuit yang lain.

5.       How do you get direct information from your end consumers? /
Bagaimana Anda mendapatkan informasi langsung dari konsumen akhir Anda?
Untuk kami mendapatkan informasi dari konsumen, perusahaan kami akan menerjunkan SPG di supermarket. SPG ini sangat berfungsi sekali untuk kami mengetahui informasi apa saja dari para pelanggan.

6.       What logistics structure should you improve? / Apa struktur logistik yang harus Anda perbaiki?
Yang harus perusahaan kami perbaiki tentang logistic adalah, pengontrolan barang-barang yang ada pada pada pabrik. 

7.       how do you coordinate your information flow and systems globally? / bagaimana Anda mengkoordinasikan arus informasi dan sistem global?
Informasi sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus mengkoordinasikan setiap bagian supaya setiap bagian tesebut bisa memberikan informasi yang akurat, terkini. Dengan begitu persuhaan ini bisa bersaing di dalam lingkungan yang global.

8.       and how do you set of incentive system for all of your patner in the suplly chain to optimize overall performance? / dan bagaimana Anda menetapkan sistem insentif bagi semua patner Anda dalam rantai suplly untuk mengoptimalkan kinerja secara keseluruhan?
Untuk bisa menetapkan sistem yang insentif bagi semua patner-patner perusahaan ini, khususnya dalam bagian gudang bahan baku harus ada laporan perharinya. Supaya apabila sudah ada barang yang habis bisa langsung di beli, tanpa harus ada yang namanya pengendapan barang dalam gudang. Rantai supply inilah yang perusahaan ini terapkan untuk bisa mengoptimalkan kinerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar