Senin, 09 April 2012

Perancangan Database

Ini adalah tugas yang diberikan oleh dosen saya pada mata kuliah Sistem Basis Data 2. Dimana dosen saya memberikan sebuah studi kasus yang harus diselesaikan dengan 6 tahap yang ada di Perancangan Database. Semoga bisa bermanfaat bagi yang lain dan apabila ada kesalahan mohon dimaklumi :)


Tahap 1. Analisa Persoalan
PT. XYZ adalah supplier yang bertugas sebagai distributor. Adapun konsumennya yaitu toko-toko besar, toko kecil dan pembeli eceran. Kegiatan yang biasa dilakukan PT. ini adalah mengecek data pelanggan lama dan baru, jika pelanggan lama maka akan mendapatkan potongan harga/diskon, jika pelanggan baru maka dilakukan penambahan data pelanggan, sehingga data pelanggan baru dapat diketahui untuk transaksi selanjutnya.
Selain melakukan pengecekan data pelanggan, PT. ini juga melakukan pengawasan terhadap seberapa banyak stok barang yang masih tersedia yang dapat memenuhi permintaan konsumen dan pelanggan serta mengetahui seberapa besar permintaan barang dari pelanggan baik pelanggan tetap maupun eceran.
Teknik yang digunakan dalam data ini adalah Diagram Konteks:  
  
Diagram DFD

Diagram Detail
Proses Pegawai:
Proses Pegawai:
Proses Pelanggan:


Tahap 2. Perancangan Model Data Konseptual Database
                Membuat diagram EER:


Tahap 3.  Pemilihan Database
a.       Faktor Teknik:
o   Terdapat tipe model data
o   Struktur penyimpanan file dan jalur pengaksesan
o   Bahasa queri
o   Tersedia system interface
b.      Faktor Ekonomi:
o  Biaya pengedalian hardware dan software
o Biaya konversi pembuatan database
o Biaya pengoperasian hardware dan software
o Biaya pemeliharan
o Biaya pelatihan SDM baru
c.       Factor Organisasi
o Stuktur data
Jika data disimpan dalam database mengikuti struktur hirarki, maka suatu jenis hirarki dari system manajemen database harus dipikirkan.
o Personal yang terbiasa dengan system yang terdahulu
Jika staff programmer dalam suatu organisai sudah terbiasa dengan suatu system manajemen database maka hal ini dapat mengurangi biaya latihan dan waktu belajar.
o      Ketersedian dari service vendor
Keberadaan fasilitas pelayanan penjual sangat dibutuhkan untuk membantu memecakhan masalah system.


Tahap 4. Perancangan Model Logikal Database
Transformasi dari skema konseptual dan eksternal  ( Tahap 2 ) ke model data sistem manajemen database yang terpilih, ada dua proses yaitu : 
  • Transformasi yang tidak tergantung pada sistem, pada tahap ini transformasi tidak mempertimbangkan karakteristik yang spesifik atau hal– hal  khusus yang akan diaplikasikan pada sistem manajemen database
  • Penyesuaian skema ke sistem manajemen database yang spesifik, di lakukan suatu penyesuaian skema yang dihasilkan dari tahap 1 untuk dikonfirmasikan pada bentuk implementasi yang spesifik dari suatu model data seperti yang digunakan oleh sistem manajemen database yang terpilih
Hasil dari tahap ini dituliskan dengan perintah DDL ke dalam bahasa sistem manajemen
database terpilih. Tapi jika perintah DDL tersebut termasuk dalam parameter–parameter perancangan fisik , maka perintah DDL yang lengkap harus menunggu sampai tahap perancangan database secara fisik telah lengkap.
Transformasi EER ke Database Relasional:


Tahap 5. Perancangan Model Fisik


 
Tahap 6. Implementasi

Create database pt_xyz;

Create table barang (no_barang  varchar (6) primary key, nama_barang varchar (20), tgl_stok date, jumlah_barang integer ));

Create table pelanggan (no_pel varchar (6) primary key, tgl_pembelian date, nama varchar (20), status varchar (5));

Create table pembelian (no_barang varchar (6) primary key, tgl_pembelian date, nama_barang varchar (2), jumlah_barang integer));


Tidak ada komentar:

Posting Komentar