Kamis, 17 Maret 2011

Pengertian Kepemimpinan


a.      Kepemimpinan
Pengertian Kepemimpinan ada berbagai macam versi / pandangan, namun definisi kepemimpinan secara umum adalah kemampuan untuk mempengaruhi untuk mendapatkan pengikut.
Tapi untuk memperkaya perbendaharaan pengetahuan kita, berikut saya tambahkan pengertian kepemimpinan yang saya temukan dari berbagai sumber,
  1. Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (By : Jacobs & Jacques, 1990).
  2. Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (By : Rauch & Behling, 1984).
  3. Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (By : Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957).
  4. Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk  mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (By :Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar